Sergio Aguero memang tak termasuk pemain Manchester City yang paling sering bermain. Tapi, tiap kali masuk ke lapangan, dia adalah senjata mematikan yang dimiliki The Citizens.

Sejak direkrut City dari Atletico Madrid pada musim panas 2011, Aguero baru bermain pada 95 pertandingan Premier League. Artinya, striker asal Argentina itu sejauh ini telah absen pada 27 pertandingan liga, sebagian besar akibat cedera yang menghampirinya.

Aguero memang pemain yang rentan cedera. Dalam beberapa musim terakhir, dia berkali-kali masuk ruang perawatan gara-gara berbagai masalah fisik, mulai cedera engkel, lutut, sampai hamstring.



Namun, kalau fit dan diturunkan, Aguero adalah jaminan mutu di lini depan. Produktivitasnya selama membela City menunjukkan bahwa dia sangat ganas di depan gawang lawan.

Aguero sampai saat ini telah mencetak 61 gol di Premier League. Empat gol yang dia buat ke gawang Tottenham Hotspur, Sabtu (18/10/2014) lalu, menjadikannya pencetak gol terbanyak City di Premier League. Dia melewati rekor Carlos Tevez, yang mengemas 58 gol.

Mencetak 61 gol dalam 95 pertandingan juga menjadikan Aguero sebagai pemain dengan rasio menit per gol terbaik di Premier League. Kalau dirata-rata, dia mencetak gol setiap 108,3 menit. Sebagai informasi, Aguero telah main selama 6.608 menit di Premier League.

Aguero melewati catatan sebelumnya yang dipegang oleh legenda Arsenal, Thierry Henry. Henry punya rasio menit per gol 121,8 (main 21.313 menit, 175 gol).

"Saya tidak mengatakan ini karena dia mencetak empat gol hari ini. Tapi, saya pikir Kun adalah salah satu dari tiga atau empat striker terbaik di dunia," puji manajer City, Manuel Pellegrini, seusai laga melawan Tottenham.

Saking tajamnya Aguero di City, kiper Joe Hart sampai-sampai menyebut rekan setimnya itu "tidak berguna" dalam sesi latihan. Tapi, dalam pertandingan sebenarnya, Aguero adalah kartu as City.

"Dia adalah salah satu pemain seperti itu -- dan saya tidak berpikir dia tidak akan senang saya bilang begini -- bahwa kadang-kadang kalau Anda melihatnya dalam latihan dia tidak berguna!" kata Hart.

"Tapi, Anda tahu bahwa dalam pertandingan dia akan mencetak gol karena dia begitu berbakat dan merupakan pemain bagus. Dia adalah seorang pemain untuk pertandingan-pertandingan besar," pujinya.