Laga Manchester United vs Chelsea yang tersaji di Stadion Old Trafford berjalan seru. Kedua tim tidak ragu jual beli serangan dan memperagakan permainan menarik. United yang bertindak sebagai tuan rumah lebih banyak menekan dan memperoleh peluang . Namun cara bertahan Chelsea yng disiplin dan hati-hati membuat pasukan Setan Merah kesulitan menjebol gawang Courtois.

Hingga 45 menit pertama, kedudukan masih 0-0.

Di babak kedua Chelsea langsung berbalik menguasai permainan. Lewat kombinasi Hazard, Oscar dan Drogba, beberapa kali anak asuh Jose Mourinho itu membuat jantung fans United berdegup kencang.

Hingga akhirnya Drogba membuat gol lewat sundulan memanfaatkan assist Cesc Fabregas. Dari tayangan ulang terlihat sebenarnya Van Persie melakukan gol bunuh diri saat menghalau bola, namun wasit mengesahkan kalau gol tersebut milik penyerang Pantai Gading itu.

Namun di menit 94 Van Persie menjadi penyelamat lewat golnya memanfaatkan kemelut di depan gawang Chelsea. Skor akhir 1-1.

Partai big match ini juga diwarnai dengan sembilan kartu kuning dan satu kartu merah yang dikeluarkan dari kantung wasit Philip Dowd.

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan tiga menit, peluang diperoleh oleh Setan Merah. Sontekan tumit Fellaini mengancam gawang The Blues, namun kiper Courtois dengan sigap menangkap bola. Wasit memberikan kartu kuning untuk fullback United, Rafael karena menarik Hazard di menit 12.

Memasuki menit ke-20 pertandingan berjalan seru. Setan Merah lebih banyak menekan pertahanan Chelsea dengan mengandalkan sektor sayap mereka.

Sebuah peluang bagus diperoleh Van Persie di menit 22, lolos dari kawalan bek Chelsea, penyerang Belanda itu menembak ke gawang Courtois. The Blues beruntung karena kiper Belgia itu mementahkan peluang dengan tenang.

Sejak menit 25 Chelsea mulai mengambil inisiatif menyerang. Diinspirasi Eden Hazard, pasukan Jose Mourinho bisa merepotkan pertahanan United meski belum ada peluang berbahaya yang tercipta.

United terus mencoba membongkar pertahanan Chelsea, namun pertahanan zona yang disiplin yang diperagakan anak-anak London membuat Setan Merah kesulitan mencetak gol. Tak hanya bertahan dengan disiplin, Chelsea juga beberapa kali mencuri kesempatan, dan itu juga masih berlum berhasil. Duet Smalling-Rojo bermain cukup taktis.

Sebuah peluang berbahaya diperoleh Drogba di menit 40, sepakan kerasnya tepat ke arah gawang United, masih ada De Gea yang memblok bola.

Giliran Januzaj mengancam gawang The Blues, tendangan keras kaki kirinya hanya menyamping di atas mistar gawang.

Januzaj dijatuhkan oleh Ivanovic di dekat kotak penalti Chelsea. Ternyata hanya tendangan bebas, karena winger Setan Merah itu dilanggar di pinggir kotak berbahaya.

Babak kedua

Gol! Chelsea memecah kebuntuan dengan mencetak gol ke gawang De Gea lewat sundulan bunuh diri Van Persie di menit 52. Gol bermula dari sepak pojok Fabregas yang disambut sundulan Drogba, bola yang mengarah ke Van Persie masuk ke gawang De Gea karena penyerang Belanda itu salah mengarahkan bola dengan kepalanya. Namun oleh wasit, gol itu dianggap milik Drogba.

Unggul 1-0, Jose Mourinho mencoba memperkuat lini tengahnya dengan menarik Oscar yang digantikan oleh John Obi Mikel di menit 66. Obi Mikel selama ini dikenal sebagai gelandang bertahan yang kuat dan tenang saat bertahan.

Sedangkan Setan Merah mencoba menambah daya gedor penyerangannya dengan memasukan penyerang belia James Wilson yang menggantikan Juan Mata di menit 67.

Hingga menit 76 Chelsea bermain lebih tenang dalam bertahan. Beberapa cara yang dicoba Setan Merah untuk menjebol gawang Courtois masih belum membuahkan hasil.

Van Persie! Ah, sepakannya memanfaatkan umpan Luke Shaw diblok oleh Courtois. Kiper Belgia itu bermain cemerlang malam ini.

Tersisa tiga menit waktu normal, Setan Merah terus berusaha menyamakan kedudukan. Penjagaan ketat terhadap Van Persie, Di Maria dan Januzaj oleh pemain Chelsea membuat anak asuh Van Gaal belum juga membuat gol.

Branislav Ivanovic memperoleh kartu kuning kedua dan diusir wasit karena melanggar Di Maria di menit 92.

Gol! Van Persie menyelamatkan United dari kekalahan memanfaatkan kemelut di depan gawang Courtois. Tendangan bebas Di Maria dimanfaatkan Fellaini namun bola ditepis Courtois. Bola rebound dimanfaatkan Van Persie dengan tendangan bertenaga.

Skor akhir 1-1 saat wasit meniupkan peluit panjang.

Susunan pemain

United (4-3-3):

1 De Gea; 2 Rafael, 5 M. Rojo, 12 C. Smalling, 3 L. Shaw; 31 M. Fellaini, 7 Á. di María, 17 D. Blind; 11 A. Januzaj, 20 R. van Persie; 8 Mata

Pelatih: Louis van Gaal

Chelsea (4-2-3-1):

13 T. Courtois; 26 J. Terry, 24 G. Cahill, 3 Filipe Luis, 2 B. Ivanovic ; 4 Fàbregas, 22 Willian, 21 N. Matic , 10 E. Hazard , 8 Oscar; 11 D. Drogba

Pelatih: José Mourinho




SUMBER