PERTARUNGAN mempertahankan gengsi akan terjadi di Etihad Stadium. Tuan rumah Manchester City akan meladeni sang tamu sekaligus rival sekota, Manchester United. City sudah pasti mematok kemenangan sebagai harga mati. Sementara The Red Devils juga berambisi mempertahankan tren positif dalam empat pertandingan terakhir.

Bagi City, hanya tambahan tiga angka yang menjadi syarat masih bisa dalam peta perebutan gelar Premier League musim ini. United tentu juga ingin membuktikan diri mampu menjaga peluang meraih mahkota juara. Laga derby ini akan dijadikan momentum emas bagi anak asuh Louis Van Gaal untuk benar-benar bangkit.

Beban paling berat tentu berada di pundak The Citizens. Akibat dua kekalahan 1-2 dari West Ham United (Premier League) dan 0-2 dari Newcastle United (Piala Liga) membuat singgasana pelatih Manuel Luis Pellegrini Ripamonti terancam. Artinya, Pellegrini harus membuktikan kinerja agar manajemen City tidak ada alasan untuk memecatnya.

Ambisi kemenangan bagi City tentu dilandasi alasan kuat. Selain memiliki pemain yang menjadi senjata mematikan, City juga unggul dalam rekor pertemuan dengan United. City memenangkan lima laga dan satu kali kalah dari enam pertemuan terakhir di Premier League.

Penyerang City, Edin Dzeko dan Sergio Aguero bahkan mampu mencetak empat gol dalam lima penampilan Premier League melawan United. Gelandang tangguh, Yaya Toure juga membukukan tiga gol dari empat laga terakhir melawan The Red Devils di Liga Premier.

Setelah memenangkan tiga pertemuan terakhir atas United, City berhasrat melajutkan rekor tersebut. Hasil sempurna tentu akan membuat City bisa menjaga persaingan atas pimpinan klasemen sementara, Chelsea.

Sebaliknya, tahun ini menjadi musim terburuk bagi United dalam Premier League. Maklum, Wayne Rooney dan kawan-kawan baru mengoleksi 13 poin dari 9 pertandingan yang sudah dimainkan. Bahkan, striker Robin van Persie harus menunjukan aksi heroik untuk menyelamatkan United dari kekalahan melawan Chelsea akhir pekan lalu.

Pada laga melawan City, Persie kembali dijadikan tumpuan bagi Van Gaal untuk kembali menorehkan gol. United juga memiliki bomber Radamel Falcao dan Wayne Rooney. Rooney sendiri menjadi pencetak gol terbanyak di Manchester derby dengan 11 gol. Hadirnya Timnas Inggris tentu menjadi pukulan dan masalah besar bagi City.

Perlu dicermati bahwa ini adalah laga sulit bagi The Red Devils karena barus saja berjibaku melawan Chelsea. Kini klub yang bermarkas di Old Trafford itu harus menghadapi City dan Arsenal dalam dua dari tiga pertandingan mereka berikutnya.

Sebuah ujian berat bagi United dan mungkin saja akan menjadi daftar panjang pil pahit. Bukan perkara mudah mencuri angka dari kedua klub papan atas Inggris itu. Bahkan bila United gagal membukukan kemenangan dari kedua laga ini, maka jalan terjal harus dihadapi United di pertandingan berikutnya.




SUMBER