Bek Arema Cronus Thierry Gathuessi mengaku sudah tak sabar untuk kembali merasakan atmosfer kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014 yang sudah lama tidak dirasakannya. Arema akan menghadapi Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Sabtu (9/8).
Jeda kompetisi Indonesia ISL 2014 selama hampir dua bulan terkait pemilihan presiden (Pilpres), Piala Dunia, dan bulan puasa memberikan pengaruh terhadap pemain. Mereka merasa jenuh harus menjalani latihan tanpa melakoni pertandingan.

“Saya sudah tidak sabar bermain melawan Barito Putra. Rasanya sudah lama kita tidak merasakan atmosfer kompetisi karena liburan,” ungkap Gathuessi kepada Goal Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Gathuessi mengaku senang dengan perubahan formasi permainan Arema dari 4-3-3 atau 4-2-3-1 ke 3-5-2 dan 3-4-3. Gathuessi menilai pola baru itu membuat dia sangat nyaman.

Menurut Gathuessi, dua full-back Arema sangat agresif membantu serangan. Dalam sepakbola bola modern, fungsi full-back untuk menyisir lapangan sayap sangat dibutuhkan tim. Namun, kelemahannya adalah saat berhadapan dengan striker cepat akan mudah di tembus dari sisi ini.

“Saat bertahan, kita yang biasa bermain dengan menyisakan dua pemain, sekarang ada tiga. Ini menjadi kelengkapan yang bagus, saya respect terhadap strategi ini, sangat menyenangkan bisa bermain dengan pola-pola yang berbeda,” kata Thierry.

Dalam latihan, tiga bek yang dipasang Arema adalah Purwaka Yudhi, Thierry Gathuessi, dan Victor Igbonefo. Ketiga pemain ini punya kemampuan berbeda, sehingga saat berkolaborasi menjadi satu kekuatan yang kuat di belakang.

Sementara itu, rencana Arema membawa 19 pemain ke Barito Putra ternyata membengkak menjadi 21. Artinya, Arema membawa seluruh pemain yang tidak mengalami cedera ke Banjarmasin. Kondisi ini disebut Suharno untuk menjaga kekompakan tim, meski nanti ada tiga pemain yang tak masuk daftar susunan pemain.

“Perkembangan terakhir, kami membawa seluruh pemain ke Banjarmasin, saya ingin pemain terjaga kekompakannya. Selain itu, seluruh pemain menunjukkan kemampuan yang sangat bagus saat bulan Ramadhan lalu. Jadi kita putuskan untuk membawa semua pemain,” urai Suharno. (gk-48)

POSTED : BANDAR BOLA