Edu menyatakan, catatan Semen Padang lebih bagus saat melakoni laga tandang dibandingkan kandang.
Kendati menilai Semen Padang bukan jago kandang, pelatih Persela Lamongan Eduard Tjong tetap waspada tinggi saat duel di Stadion H Agus Salim dalam lanjutan delapan besar Indonesia Super League (ISL) 2014, Minggu (12/10).

Sepanjang musim ini, Semen Padang menorehkan tujuh kemenangan, serta masing-masing dua imbang dan kalah. Kendati demikian, Eduard menilai tim Kabau Sirah bukan sebagai tim yang superior saat bermain di hadapan pendukungnya.

Menurut Edu, sapaan Eduard, ia lebih mewaspadai motivasi pemain Semen Padang usai mengalahkan Persipura Jayapura di laga sebelumnya. Penggawa tuan rumah diyakini mempunyai kepercayaan diri tinggi usai mengalahkan juara bertahan.

“Selain itu, Semen Padang juga akan bermain di kandang sendiri. Jadi, kami perlu mewaspadai motivasi tanding mereka. Padahal sebenarnya mereka bukan jago kandang, karena lebih banyak menang saat away. Namun kami tetap tak mau setengah-setengah, karena Persela butuh tambahan poin,” ungkap Edu ketika dihubungi Goal Indonesia.

“Kami akan berusaha keras coba dapatkan poin di Padang, walau mereka baru saja kalahkan Persipura. Karenanya, anak-anak sudah saya instruksikan untuk terus main fight sampai wasit meniup peluit panjang.”

Meski belum pernah bertemu di musim ini, Persela mengaku sudah mengetahui kekuatan dan kelemahan calon lawan. Laskar Joko Tingkir akan menerapkan taktik disiplin dalam mengawal setiap pemain Semen Padang.


Kolektivitas bagus Semen Padang, ditengarai Edu lantaran hampir tidak adanya perubahan atau pergantian pemain selama dua tahun terakhir, sehingga membuat para pemain tuan rumah sudah saling pengertian satu dengan lainnya.

“Mungkin yang berubah hanya beberapa pemain saja, seperti masuknya Eka Ramdani. Kalau pemain lainnya, saya kira tak banyak perubahan,” jelas Edu.

“Tapi pemain harus disiplin, dan selalu cover posisi pemain lain saat tidak berada di posisinya. Ini yang kami harapkan bisa menghambat pergerakan pemain Semen Padang dalam laga nanti,” pungkasnya. (gk-43)