Segala hal yang bisa mempengaruhi psikis penggawa Timnas Indonesia U-19 sudah dipersiapkan dan diantasipasi tim kepelatihan.
Melalui pelatih mentalnya, Guntur Cahyo Utomo, Timnas Indonesia U-19 menegaskan bahwa mereka sudah siap secara mental untuk terbang ke Myanmar, guna berjuang habis-habisan di Piala Asia U-19.

Segala hal yang bisa mempengaruhi psikis penggawa tim Garuda Jaya juga sudah diantisipasi dengan matang, berdasar survei yang sudah dilakukan di negara tuan rumah. Guntur menyebut jika kondisi mental Evan Dimas cs kini berada pada level yang amat baik.

"Secara personal saya mendampingi mereka dan sekarang tinggal finishing saja mengkondisikan mereka untuk segera ke Jakarta dan bertolak ke Myanmar," papar Guntur pada Goal Indonesia.

"Perjalanan ke Myanmar (menggunakan pesawat) hanya 30 menit, kondisinya nyaris sama dengan di Indonesia. Cuaca sama, kemarin juga sudah ada yang survei, makanan juga sudah bisa dikondisikan. Tinggal pikiran mereka yang difokuskan ke sana."

Sang pelatih mental kemudian melanjutkan penjelasan pada kondisi mental timnas U-19 pasca kembali dari Spanyol, lewat hasil yang tak bisa disebut menggembirakan.

"Jika di Spanyol kemarin kasusnya berbeda karena yang kita lawan jelas levelnya jauh di atas. Secara mental para pemain masih merasa nyaman, mereka bisa belajar banyak dari tur Spanyol kemarin. Mereka sadar betul jika level mereka berbeda dengan Real Madrid B atau Barcelona B," lanjutnya.

"Wong Real Madrid aja kalah sama Barcelona 5-0 kok," pungkasnya sembari melepas canda.