Performa kurang oke Mario Goetze membuat pemain Bayern Munich itu dikritik habis-habisan. Meski demikian pembelaan datang dari pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, yang menilai kritik tersebut tidak adil untuk Goetze.

Adalah kekalahan 0-3 dari Barcelona pekan lalu di leg pertama semifinal Liga Champions yang membuat Goetze mendapat kritik kencang dari publik sepakbola di Jerman. Apalagi usai laga dia malah berbagi tawa dan berpelukan dengan kompatriotnya, Marc-Andre Ter Stegen, yang notabene adalah kiper Barca.

Ini membuat Goetze dikecam habis-habisan oleh pendukung Bayern di media sosial yang menilai pesepakbola 22 tahun itu harusnya bersimpati atas kekalahan timnya dan sadar akan penampilan buruknya.

Performa buruk itu kian menegaskan bahwa Goetze memang tengah menurun belakangan ini. Itu dibuktikan ketika eks pemain Borussia Dortmund itu hanya tampil beberapa menit saat Bayern menang 3-2 di leg kedua semalam yang membuat mereka tersingkir dari Liga Champioins.

Mendapati anak asuhnya di timnas Jerman dikritik habis-habisan, Loew pun membela di mana dia menilai Goetze seharusnya tidak dikritik karena toh dia masih dalam usia muda dan perlu banyak waktu untuk mengembangkan permainannya.

“Belum lama rasanya orang-orang mengatakan bahwa dia sedang dalam performa terbaiknya dan kini mereka bilang bahwa Goetze sedang tampil buruk,” ujar Loew di situs resmi Federasi Sepakbola Jerman seperti dikutip Soccerway.

“Rasa-rasanya terlalu gampang berkomentar seperti itu dan menurut saya itu tidak adil,” sambungnya.

“Tidak adil menilainya hanya karena dia mencetak gol di final Piala Dunia.”

“Mario adalah pemain fantastis. Itu sudah terlihat jelas dari awal. Dia bukan lagi pemain muda potensial, tapi kita harus ingat bahwa dia baru 22 tahun.”

“Kami sudah memberinya tanggung jawab dan dia menyadari itu – dia bekerja keras serta selalu berusaha meningkatkan performanya.”

“Dia punya karakter yang bagus untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Masa depan Mario sangat cerah bersama kami dan Bayern. Dia adalah salah satu pemain terbaik di planet ini,” tutup Loew.

Musim ini Goetze tampil 46 kali dengan sumbangan 15 gol dan 7 assist dari 3.172 menit bermain.

Email: [email protected]

PIN BBM: 7E30C0A9