Eks gelandang tim nasional Jerman Michael Ballack menilai Juventus bisa membuat Barcelona frustrasi lalu membalikkan prediksi di final Liga Champions. Dia tak sepakat dengan anggapan Barca pasti juara.

Barca diprediksi bakal meraih gelar juara Liga Champions musim ini dengan mengandaskan Juventus di laga final. Salah satu aspek yang jadi pertimbangan adalah pengalaman Barca menjuarai turnamen tersebut di tiga kesempatan dalam satu dekade terakhir. Di periode yang sama, Juve selalu membentur tembok perempatfinal sampai kemudian lolos ke final musim ini.

Satu faktor lagi yang diyakini bakal menentukan laga adalah trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Trio yang dilabeli ‘MSN’ itu tampil mengesankan sepanjang musim ini dengan mencetak 120 gol.

Namun Ballack menilai hal itu tak serta merta bisa membuat Barca boleh disebut pasti meraih gelar Liga Champions. Dia menilai Juve punya kemampuan untuk membuat anak-anak Catalan buntu.

Tim asuhan Massimiliano Allegri faktanya punya catatan kebobolan paling baik di antara empat semifinalis musim ini dengan tujuh gol. Barca sudah kemasukan 10 gol, Bayern Munich 13 gol, sementara Real Madrid 9 gol. Berangkat dari hal ini, ada potensi Barca bakal kesulitan menembus pertahanan Juve.

Ballack juga percaya Juve bisa membalikkan prediksi seperti yang dilakukan terhadap Real Madrid. Eks gelandang Chelsea dan Bayer Leverkusen itu bahkan menganggap kesempatan Bianconeri mengalahkan Barca masih lebih baik dibandingkan saat melawan Madrid.

“Sama sekali tidak pasti (Barca juara). Kita telah melihat sejumlah final belakangan ini di mana sebuah tim non unggulan telah diadu dengan sebuah tim favorit. Dan ini adalah hal yang sama, meski Juventus merupakan nama besar, sebuah klub dengan tradisi sangat besar, dan merupakan tim dengan pengalaman masif,” kata Ballack dikutip Guardian.

“Mereka menyingkirkan Real Madrid di semifinal yang mana tidak diperkirakan semua orang. Dan melakukannya dalam laga dua leg itu lebih sulit dibandingan menaklukkan Barcelona di sebuah laga satu kali.”

“Tentu saja Barcelona di atas kertas dan melihat performa mereka, akan tampak sangat favorit. Tapi dengan tipe permainan mereka dan dengan Juventus yang bertahan dalam, Barca mungkin bakal merasa kesal setelah beberapa saat jika berbagai hal tidak berjalan sesuai keinginan.”

“Ada banyak pertanyaan terkait pertandingan ini. Orang-orang memberi kesan bahwa taruhan sudah pasti dan trofinya milik Barca. Tapi saya akan berhati-hati. Tim-tim Italia selalu tahu bagaimana caranya mendapatkan hasil. Segalanya mungkin terjadi di Berlin,” tandasnya.

Email: [email protected]

PIN BBM: 7E30C0A9