Dua tahun lalu Sir Alex Ferguson kalah di Goodison Park karena satu gol Marouane Fellaini. Tahun lalu David Moyes kalah 0-2, juga di Goodison Park. Semalam Louis van Gaal kalah tiga gol tanpa balas di stadion yang sama.

James McCarthy, John Stones, dan Kevin Mirallas masing-masing mencetak satu gol dan menjaga rekor tak terkalahkan Everton sepanjang tahun 2015.

Tanpa tambahan angka MU yang menempati peringkat terakhir zona Liga Champions tetap aman dari kejaran Liverpool dengan selisih tujuh angka. Namun mereka gagal menempati peringkat yang lebih baik karena gagal melampaui raihan angka Arsenal dan Manchester City.

Everton, sementara itu, naik ke peringkat 10. Mereka berada tepat tiga angka di belakang Stoke City dan memiliki jumlah poin yang sama dengan West Ham United: 44.

Susunan Pemain

Tanpa Michael Carrick, MU bermain dalam formasi 4-1-4-1. Daley Blind bermain di antara kuartet Antonio Valencia, Chris Smalling, Paddy McNair, serta Luke Shaw di lini pertahanan ódan empat gelandang lain: Juan Mata, Ander Herrera, Marouane Fellaini, dan Ashley Young. Kapten Wayne Rooney berposisi sebagai ujung tombak.

Blind, Mata, dan Herrera aktif bertukar posisi sehingga pertukaran umpan dari kaki ke kaki di lini tengah selalu berjalan dengan lancar. Pergerakan Mata yang lebih ke tengah membuat Valencia memiliki banyak ruang ketika menyerang. Pergerakan Fellaini membuat MU seperti bermain dengan dua orang penyerang.

Di kubu tuan rumah, Roberto Martinez memainkan pasukannya dalam formasi 4-2-3-1. Seamus Coleman, John Stones, Phil Jagielka, dan Leighton Baines mengawal pertahanan. Tepat di depan empat pemain tersebut, Gareth Barry dan James McCarthy memastikan aliran bola Everton berjalan lancar. Penyerang tunggal, Romelu Lukaku, mendapat sokongan dari kedua penyerang sayap, Aaron Lennon dan Leon Osman, serta gelandang serang Ross Barkley.

Para pemain Everton, tidak seperti MU, tak memiliki taktik khusus ketika menyerang. Siapapun yang berada dekat dengan bola saat lawan melakukan kesalahan, bertanggung jawab terhadap serangan balik cepat. Barkley, bagaimanapun, nyaris selalu terlibat dalam setiap serangan Everton.

Email: [email protected]

PIN BBM: 7E30C0A9