Fernando Torres dan Keisuke Honda membawa Milan memupus defisit dua gol dari Empoli dan membawa pulang satu angka.
AC Milan gagal langsung kembali ke trek kemenangan usai ditekuk Juventus. Bertamu ke kandang tim promosi Empoli pada Rabu (24/9) dinihari WIB, I Rossoneri bermain seri 2-2.

Dari skor akhir, hasil ini tak terlalu memuaskan, namun kalau melihat prosesnya Milan patut menyambut positif output ini karena mereka sempat ketinggalan dua gol sebelum Fernando Torres dan Keisuke Honda muncul sebagai penyelamat.

Tambahan satu poin cukup untuk menaikkan Milan ke peringkat ketiga klasemen sementara Serie A mengingat sembilan pertandingan lainnya belum digelar. Empoli sendiri keluar dari zona merah seturut hasil ini.

Babak Pertama

Usai kehilangan rekor 100 persen pada akhir pekan, Milan memperlihatkan hasrat besar untuk langsung bangkit. Sayang, walaupun memegang dominasi permainan atas Empoli di awal pertandingan, Milan malah tertinggal dulu.

Dalam sebuah situasi tendangan penjuru, longgarnya pengawalan pada Lorenzo Tonelli harus dibayar mahal oleh Milan karena bek Empoli itu leluasa mengarahkan bola dengan kepalanya menuju tiang jauh dan memperdaya Christian Abbiati (13').

Tak belajar dari kesalahan, gawang Milan jebol lagi dalam situasi bola mati di menit ke-21. Daniele Bonera terlalu telat bereaksi mengantisipasi umpan Francesco Tavano pada Manuel Pucciarelli. Nama terakhir pun sukses mengubah skor jadi 2-0 dari jarak dekat.

Melihat taktik awalnya berantakan, Filippo Inzaghi langsung melakukan pergantian pada pertengahan babak pertama dengan menarik keluar Marco van Ginkel dan menyuntikkan Giacomo Bonaventura. Formasi Milan pun beralih dari 4-3-3 ke 4-2-3-1.

Namun, tak lama usai pergantian tersebut pertahanan Milan yang begitu keropos kembali nyaris kecolongan. Simone Verdi sama sekali tak mendapat penjagaan saat menyambut umpan silang Vincent Laurini. Milan beruntung karena tandukan Verdi hanya berakhir di atas jala gawang Abbiati.

Milan toh akhirnya sanggup memangkas defisit dua menit sebelum istirahat. Fernando Torres menandai debut starternya untuk Milan dengan membukukan nama di papan skor via sundulan menuntaskan assist Ignazio Abate.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Inzaghi membuat substitusi lagi, menggantikan Sulley Muntari dengan Andrea Poli. Namun, Milan terlihat masih kerepotan menghadapi serangan-serangan balik cepat Empoli. Abbiati sudah harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dua menit pascainterval untuk menghadang tembakan Francesco Tavano.

Di menit ke-56, Tavano lagi-lagi mengancam gawang Milan, tapi tendangannya berakhir menyamping kendati sudah terbebas sendirian dan tinggal berhadapan dengan Abbiati.

Kegagalan tersebut sangat pantas disesali kubu tuan rumah karena hanya selang semenit justru Milan sukses membikin kedudukan jadi sama kuat 2-2.

Keisuke Honda berkontribusi untuk Milan dengan mencetak gol penyeimbang melalui sepakan rendah ke pojok gawang Luigi Sepe.

Tak lama kemudian Milan seharusnya bisa berbalik memimpin kalau saja dewi fortuna lebih berpihak kepada mereka. Aksi istimewa Torres melewati dua pemain bertahan lawan diakhirinya dengan umpan matang kepada Jeremy Menez, namun tendangan pemain Prancis itu hanya menabrak tiang.

Dominasi Milan semakin menjadi-jadi mendekati akhir pertandingan, apalagi Empoli kehilangan Mirko Valdifiori yang mendapat dua kartu kuning dalam jarak berdekatan di menit ke-86. Meski begitu, usaha Si Merah-Hitam untuk berbalik menang tak menemukan hasil. Skor akhir tetap 2-2.

Susunan Pemain

Empoli (4-3-1-2): Sepe; Laurini (Hysaj 69'), Tonelli, Rugani, Mario Rui; Vecino, Valdifiori, Croce; Verdi; Tavano (Maccarone 64'), Pucciarelli (Zielinski 76')

Cadangan: Pugliesi, Bassi, Perticone, Barba, Bianchetti, Moro, Signorelli, Guarente, Rovini

Milan (4-3-3): Abbiati; Abate, Bonera, Zapata, De Sciglio; Van Ginkel (Bonaventura 31'), De Jong, Muntari (Poli 46'); Honda, Torres (Pazzini 81'), Menez

Cadangan: Agazzi; Gori, Mexes, Rami, Zaccardo, Albertazzi, Armero, El Shaarawy, Niang